ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS PRODUK SEPATU OLAHRAGA ADIDAS DAN NIKE (STUDI KASUS PADA KONSUMEN MANADO TOWN SQUARE 3)
Abstract
Abstrak : Perusahaan pada hakikatnya ingin menjadi pemimpin pasar pada persaingan yang dihadapi dalam dunia bisnis. Perusahaan dituntut untuk menggunakan strategi yang tepat dalam rangka mempertahankan produk agar tetap diminati oleh pelanggan lama dan menciptakan pelanggan baru. Pentingnya memahami keinginan konsumen dalam produk yang diinginkannya telah menjadi perhatian pada berbagai industri, termasuk pada industri olahraga. Hal ini disebabkan karena meningkatnya minat dan kesadaran berolahraga pada tiap individu dalam masyarakat berkembang pesat ditandai dengan berkembangnya pusat-pusat olahraga seperti gimnastik, lapangan futsal, lapangan sepakbola, jogging track di sekitaran rumah, dan masih banyak lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan antara kualitas produk berdasarkan delapan dimensi kualitas produk kinerja, daya tahan, kesesuaian spesifikasi, fitur, keandalan, estetika, kesan kualitas, dan kemampuan pelayanan sepatu olahraga adidas dan nike. Metode penelitian yang digunakan adalah komparatif dan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara aksidental sampling dengan jumlah responden 100 didapat dari penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji beda Mann U Whitney dan hasil penelitian yang sudah didapatkan adalah tidak terdapat perbedaan antara kedua sepatu olahraga tersebut.
Kata kunci : kualitas produk, adidas, nike, mann u whitney.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.22236
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.