PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA ORGANISASI DI PUSKESMAS PANIKI BAWAH KOTA MANADO

Alfian Frejensi Singkoh, Indrie Debbie Palandeng, Merlyn M. Karuntu

Abstract


Abstrak: Pelayanan kesehatan adalah sebuah konsep yang digunakan dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat. Karena itu Puskesmas selalu dituntut untuk memberikan kinerja yang maksimal dalam pemberian layanan kesehatan, sehingga mutu layanan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh TQM yang terdiri dari Kerja Sama Tim, Pendidikan dan Pelatihan, Perbaikan sistem secara berkesinambungan, Obsesi terhadap kualitas, Fokus pada Pelanggan Terhadap Kinerja Organisasi di Puskesmas Paniki Bawah Kota Manado. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kerja sama tim, Pendidikan dan Pelatihan, Perbaikan sistem secara berkesinambungan, Obsesi terhadap kualitas, dan Fokus pada pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja organisasi di Puskesmas Paniki Bawah Kota Manado. Perbaikan sistem secara berkesinambungan, Obsesi terhadap kualitas, dan Fokus pada pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja organisasi. Sedangkan Kerja sama tim, dan Pendidikan dan pelatihan, tidak berpengaruh terhadap Kinerja organisasi. Karena itu pihak Puskesmas diharapakan selalu memprioritaskan peningkatan kualitas dalam segala aspek.

 

Kata Kunci: total quality management,  kinerja organisasi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.22245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.