PENCATATAN DAN PELAPORAN BELANJA DAERAH PADA SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (SKPD) KECAMATAN BUNAKEN KOTA MANADO
Abstract
Belanja daerah merupakan bagian penting dalam sistem administrasi keuangan daerah. Terkait dengan sistem pertanggungjawaban keuangan daerah, maka pencatatan akuntansi belanja daerah dan penyusunan Laporan Keuangan harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pencatatan akuntansi belanja daerah dan penyusunan Laporan Keuangan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kecamatan Bunaken Kota Manado telah dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No.13 Tahun 2006 dan Peraturan Pemerintah No.24 Tahun 2005. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah pengumpulan data arsip dengan menggunakan teknik pengumpulan data di basis data untuk mendapatkan data sekunder. Hasil penelitian diketahui bahwa pencatatan akuntansi belanja daerah dan penyusunan Laporan Keuangan telah dilaksanakan dengan sebaik mungkin oleh SKPD Kecamatan Bunaken Kota Manado sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No.13 Tahun 2006 dan Peraturan Pemerintah No.24 Tahun 2005.
Kata kunci: belanja daerah, akuntansi, laporan keuangan, keuangan daerah
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.2225
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.