PENDEKATAN TARGET COSTING SEBAGAI ALAT PENILAIAN EFISIENSI PRODUKSI PADA PT. TROPICA COCOPRIMA

Henri Paulus Gerungan

Abstract


Persaingan pada pasar global, mengharuskan perusahaan untuk menghadapi persaingan yang ketat di antara perusahaan dari seluruh dunia. Perusahaan dituntut untuk memiliki keunggulan bersaing agar dapat bertahan dan memenangkan persaingan. PT. Tropica Cocoprima merupakan perusahaan manufaktur, harus memperhatikan hal yang berkaitan dengan penentuan harga jual untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendekatan target costing dapat dijadikan sebagai alat penilaian efisiensi dalam proses produksi pada PT. Tropica Cocoprima. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode komparatif. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian perbandingan  total biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan, menurut perusahaan dengan menurut target costing, diketahui lebih efisien menggunakan target costing, dimana dengan menggunakan target costing perusahaan dapat memperoleh penghematan biaya tahun 2011 sebesar 18,21 %, dan tahun 2012 sebesar 2,70 %.

Kata kunci: target costing, efisiensi produksi

 

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.2291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.