PENGARUH SERVICE QUALITY, TRUST, DAN CONSUMER SATISFACTION TERHADAP CONSUMER LOYALTY PADA CV. SARANA MARINE FIBERGLASS
Abstract
Abstrak : Pelanggan merupakan elemen dasar dari setiap bisnis. Pelanggan merupakan faktor penentu bagi eksistensi suatu perusahaan. Dari pelangganlah sumber pendapatan perusahaan berasal. Semakin banyak pelanggan semakin banyak pula peluang pendapatan didapatkan. Semakin banyak frekuensi pembelian, semakin banyak pula peluang peningkatan pendapatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh Service Quality, Trust dan Consummer Satisfaction secara parsial dan simultan terhadap Consummer Loyality. Jenis penellitian ini adalah jenis penelitian assosiatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kusioner yang di isi oleh 55 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Service Quality, Trust dan Consumer Satisfaction berpengaruh signifikan terhadap Consumer Loyality pada CV. Sarana Marine Fiberglass. Secara parsial Service Quality berpengaruh signifikan terhadap Consumer Loyality pada CV. Sarana Marine Fiberglass. Secara parsial Trust tidak berpengaruh signifikan terhadap Consumer Loyality pada CV. Sarana Marine Fiberglass. Secara parsial Consumer Satisfaction berpengaruh signifikan terhadap Consumer Loyality pada CV. Sarana Marine Fiberglass. Perusahaan sebaiknya mempetahankan kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen yang ada akan meningkatkan Consumer Loyality. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai rujukan untuk pengembangan serta pendalaman ilmu pengetahuan manajemen pemasaran khususnya Consumer Loyality pada CV. Sarana Marine Fiberglass.
Kata Kunci: service quality, trust, consummer satisfication , consummer loyality
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22910
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.