KECERDASAN EMOSI MAHASISWA AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI

Arnike Amisye Manansal

Abstract


Kecerdasan emosi adalah kemampuan mengetahui perasaan sendiri dan perasaan orang lain, serta menggunakan perasaan tersebut menuntun pikiran dan perilaku seseorang yang dimana dapat melatih kemampuan siswa untuk mengelola perasaannya, memotivasi dirinya sendiri, mengatur suasana hati yang relatif serta mampu berempati dan bekerja sama dengan orang lain dalam rangka untuk mendukungnya mencapai tujuan dan cita-citanya.Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini salah satunya adalah analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dalam hal ini motivasi dan keterampilan sosial terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada Fakultas Ekonomi Unsrat.Hipotesis diuji dengan menggunakan uji t. Populasinya adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Unsrat angkatan 2010-2012.Sampel penelitian sebanyak 100 orang mahasiswa.Persamaan regresi linier berganda menyatakan kecerdasan emosional (motivasi) naik sebesar satu satuan maka akan diikuti dengan tingkat pemahaman akuntansi, jika kecerdasan emosional (keterampilan sosial) mengalami peningkatan satu unit maka tingkat pemahaman akuntansi juga akan meningkat .Hasil uji F menyatakan Fhitung dan Ftabel hasilnya signifikan.Jadi dengan demikian dapat dilihat Fhitung> Ftabel maka Ha diterima dan H0 ditolak. Selanjutnya dapat dilihat bahwa secara signifikan Ha diterima dan H0 ditolak, artinya variabel kecerdasan emosional (motivasi dan keterampilan sosial) secara bersama berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi.

 

Kata kunci: kecerdasan emosi, motivasi, keterampilan sosial, pemahaman akuntansi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.2295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.