PENGARUH CITRA MEREK DAN STRATEGI PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNSRAT

Billy R. Silape, Lisbeth . Mananeke, Willem J.F.A Tumbuan

Abstract


Abstrak: Masyarakat umum biasanya melihat standar barang-barang elektronik dari citra umum perusahaan yang membuat setiap barang elektronik yang tersedia di pasaran. Strategi penetapan harga juga merupakan preferensi penting bagi masyarakat umum dalam memilih barang-barang berteknologi tinggi. Citra merek dan strategi penetapan harga berperan penting dalam mendorong keputusan pembelian barang atau penggunaan jasa dari masyarakat, khususnya untuk setiap barang elektronik. Laptop merupakan salah satu perangkat elektronik sudah umum dipergunakan oleh hampir semua kalangan masyarakat di sebagian besar penjuru dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan strategi penetapan harga terhadap keputusan pembelian Laptop Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat. Metode analisis penelitian ini adalah metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek dan strategi penetapan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian laptop dalam penelitian ini dan Citra merek merupakan variabel yang paling kuat pengaruhnya. Pihak produsen dan penjual laptop di Kota Manado sebaiknya memperhatikan kesimpulan dan para peneliti lain harus melakukan penelitian yang lebih mendalam.

 

Kata Kunci: citra merek, strategi penetapan harga, keputusan pembelian, laptop, mahasiswa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.23192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.