PENERAPAN TQM TERHADAP EFISIENSI BIAYA DAN EFEKTIVITAS PELAYANAN PADA PT.PLN (PERSERO) WILAYAH SULUTTENGGO
Abstract
Total Quality Management merupakan sistem yang mengangkat kualitas sebagai startegi usaha dan berorientasi pada kepuasan pelanggan yang melibatkan seluruh anggota organisasi. Penerapan TQM ini juga tidak telepas dari biaya dan kualitas pelayanan. TQM sangat berkaitan dengan biaya dan kualitas pelayanan karena dengan peningkatan kualitas pelayanan maka perusahaan dapat menekan biaya, terutama dalam mengurangi atau menghilangkan pemborosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan total quality menegement terhadap efisiensi biaya dan efektivitas pelayanan pada PT PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuisioner dengan skala Likert. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 34 responden yang merupakan pimpinan dan staf. Analisis pengaruh menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengujian hipotesis pertama menyatakan bahwa TQM berpengaruh terhadap efisiensi biaya, dan hasil pengujian hipotesis kedua menyatakan bahwa TQM berpengaruh terhadap efektivitas pelayanan pada PT PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo. Hal ini ditunjukan dari olahan data yang menyatakan pengaruh yang bersifat positif dan kuat antar variabel.
Kata kunci: total quality management, efisiensi biaya, efektivitas pelayanan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.2361
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.