PENGARUH VIRAL MARKETING, CELEBRITY ENDORSER, DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SANG PISANG MANADO

Triva Tantri Kuhu, Altje L. Tumbel, Rudy S. Wenas

Abstract


Abstrak: Dalam dunia bisnis perkembangan dan persaingan terjadi sangat pesat, dunia bisnis atau dunia usaha telah memasuki persaingan yang sangat ketat. Persaingan ini muncul seiring dengan perkembangan teknologi yang terus berkembang semakin canggih, mendorong berbagai macam perubahan sistem di dunia seperti dalam dunia bisnis perubahan sistem seperti, sistem dalam perdagangan, pemasaran, cara bertransaksi, dan penyampaian informasi akan berubah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh viral marketing, celebrity endorser, dan brand trust terhadap keputusan pembelian di sang pisang Manado. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan metode kuantitatif dan kualitatif dengan populasi sebanyak 100 orang dan menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data statistic menggunakan analisis regresi linear berganda, uji hipotesis menggunakan uji F dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa viral marketing, celebrity endorser, dan brand trust jika dilakukan bersama secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di sang pisang Manado. Diharapkan pihak Sang Pisang Manado dapat terus menjaga dan memperhatikan temuan dari peneliti, yaitu dengan memfokuskan pada variabel-variabel yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Sang Pisang Manado antara lain viral marketing, celebrity endorser, dan brand trust. hal ini dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen.

Kata Kunci: viral marketing, celebrity endorser, brand trust, keputusan pembellian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.23746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.