PENGARUH KOMUNIKASI, PENGAWASAN DAN KUALITAS KEHIDUPAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN HOTEL ARYADUTA MANADO
Abstract
Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 154 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 61 responden yang diperoleh dengan formula Slovin. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling technique. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada responden. Analisa data menggunakan teknik statistik seperti uji validitas dan uji reliabilitas untuk kuesioner, analisa regresi linear berganda dengan uji-F dan uji-t untuk pembuktian hipotesa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi, pengawasan dan kualitas kehidupan kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Selanjutnya, komunikasi dan pengaasan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan kualitas kehidupan kerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan. Manajemen Hotel Arya Duta Manado sebaiknya berupaya memperbaiki kualitas kehidupan kerja yang ada agar dapat meningkatkan kinerja karyawannya, disamping mempertahankan komunikasi dan pengawasan yang ada.
Kata Kunci : komunikasi, pengawasan, kualitas kehidupan kerja, kinerja karyawan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24046
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.