ANALISIS SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSITIONING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAXX COFFEE DI HOTEL ARYADUTA MANADO

Gloria Vidia Pomantow, Lisbeth Mananeke, Rotinsulu Jopie Jorie

Abstract


Abstrak: Persaingan pada era saat ini, menuntut perusahaan untuk merespon dan memenuhi kebutuhan kosumen dengan terus menciptakan inovasi baru. Perusahaan harus merancang strategi pemasaran yaitu STP (segmentasi, targeting, dan positioning) yang benar untuk memenangkan persaingan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh STP terhadap keputusan pembelian. Metode analisis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah konsumen Maxx Coffee yang juga digunakan sebagai sampel yang diambil sebanyak 100. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Segmentasi, Targeting, dan Positioning secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Segmentasi dan Targeting memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan ditemukan positioning berpengaruh negatif dan memiliki hasil tidak signifikan. Maxx Coffee menjadi salah satu kedai kopi ternama di Manado, yang harus lebih mengembangkan produknya, agar bisa memiliki image yang baik bagi para konsumen sehingga konsumen akan merasa lebih puas dengan produk yang ditawarkan dan akan membuat kosumen melakukan pembelian produk jangka panjang.

 

Kata Kunci: segmentasi, targeting, positioning, keputusan pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.