PENERAPAN TARGET COSTING DALAM UPAYA EFISIENSI BIAYA PRODUKSI UNTUK PENINGKATAN LABA KOTOR PADA UD. JJ BAKERY

Clarisa Chrysty Wuysang, Rudi J Pusung

Abstract


Abstrak: Target Costing adalah menentukan harga pokok produk sesuai dengan yang diinginkan (target) sebagai dasar penetapan harga jual produk untuk memperoleh laba yang diinginkan oleh perusahaan. Hal ini sangat baik untuk diterapkan oleh perusahaan agar perusahaan dapat mengelola biaya (cost management) dengan baik, dan untuk mencapai laba perusahaan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dampak penerapan target costing dalam upaya efisiensi biaya produksi untuk peningkatan laba kotor. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu perhitungan target costing  pada UD. JJ Bakery bahwa ada efisiensi  ketika perusahaan sebelum menggunakan metode target costing laba kotor sebesar Rp. 230.128.704 dengan menggunakan metode target costing laba kotor menjadi meningkat sebesar Rp. 234.601.536. Jadi, selisih peningkatan laba kotor adalah sebesar Rp. 4.472.832. Saran sebaiknya perusahaan harus menerapkan metode target costing karena dengan menggunakan metode target costing laba kotor yang diharapkan lebih efisien.

 

Kata Kunci: target costing, biaya produksi, efisiensi, laba kotor.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.