PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, PEMBERDAYAAN KARYAWAN DAN DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA PT. BANK SULUTGO CABANG BOROKO

Tessa Josephina Sompie, Paulina V. Rate, Rita Taroreh

Abstract


Abstrak:  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, pemberdayaan karyawan, dan dukungan organisasi terhadap kepuasan kerja pada PT. Bank SulutGo Cabang Boroko. Pendekatan penelitian ini yaitu bersifat kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan pada PT. Bank SulutGo Cabang Boroko yang berjumlah 31 orang, dengan teknik penentuan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh atau sensus, maka seluruh anggota populasi dijadikan responden dalam penelitian. Data di analisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian antara lain: Sikap pemimpin dalam memimpin organisasi juga pemberdayaan organisasi terhadap karyawan berdampak pada tingkat kepuasan kerja karyawan. Dukungan organisasi dalam bentuk komitmen pada karyawan memberikan dampak pada kepuasan kerja karyawan. Hal tersebut mewujudkan kinerja kerja karyawan meningkat dalam pelayanan terhadap konsumen PT. Bank SulutGo Cabang Boroko. Saran yaitu agar pimpinan dapat memperhatikan komunakasi dengan karyawan agar tetap terjalin baik. Perhatian dalam bentuk pengembangan karyawan tetap ditingkatkan untuk membangkitkan antusiasme dalam bekerja. Penghargaan salah satunya dalam bentuk promosi akan meningkatkan kepuasan kerja sehingga karyawan dapat memberikan kinerja terbaik dalam mewujudkan tujuan organisasi.

 

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Pemberdayaan Karyawan, Dukungan Organisasi, Kepuasan Kerja.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.