PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, PROFITABILITAS, LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA INDUSTRI FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013 – 2017
Abstract
Abstrak: Nilai Perusahaan adalah adalah nilai jual sebuah perusahaan sebagai suatu bisnis yang sedang beroperasi yang sangat penting untuk dimaksimalkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari Kepemilikan Institusional terhadap Profitabilitas, Kepemilikan Institusional terhadap Nilai Perusahaan, Kepemilikan Institusional terhadap Leverage, Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan pada Industri Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 – 2017. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu menggunakan sampel dengan kriteria tertentu, sampel yang digunakan adalah 13 Perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil analisis menunjukkan bahwa hubungan Kepemilikan Institusional tidak signifikan terhadap Profitabilitas, Kepemilikan Institusional tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Kepemilikan Institusional tidak signifikan terhadap Leverage, sedangkan hubungan Profitabilitas signifikan terhadap Nilai Perusahaan dan Leverage tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan dimana pembahasan ini masuk dalam hasil analisis Hipotesis. Perusahaan harus terus mampu memaksimalkan nilai perusahaan dengan memperhatikan segala kondisi keuangan yang terjadi baik naik ataupun turun maupun kinerja perusahaan, maka dengan demikian akan dapat diketahui dimana kelemahannya dan apa yang sudah kuat pada perusahaan tersebut dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis.
Kata Kunci: kepemilikan institusional, profitabilitas, leverage, nilai perusahaan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24909
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.