ANALISIS PENERAPAN POTONGAN HARGA TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PADA PT. PLN (PERSERO) UNIT LAYANAN PELANGGAN (ULP) MANADO SELATAN
Abstract
Abstrak: Potongan harga merupakan salah satu strategi yang banyak digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan produknya, Pada tahun 2017 salah satu perusahaan BUMN di indonesia yaitu PT. PLN persero menerapkan potongan harga bagi pelanggan yang ingin melakukan tambah daya. Oleh karena itu saya ingin melihat apakah potongan harga yang diterapkan kepada pelanggannya dapat memberikan peningkatak terhadap penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sebelum dan setelah penerapan potongan harga terhadap tingkat penjualan PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Manado Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif berupa hasil wawancara dengan pihak manajemen dan data kuantitatif berupa laporan penjualan selama tahun 2016-2018 yang diperoleh dari data primer. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penjualan setelah diterapkan potongan harga dibandingkan dengan sebelum diterapkan potongan harga, namun peningkatan yang terjadi tidak terlalu besar karena potongan harga hanya diberikan kepada pelanggan tarif rumah tangga yang berdaya listrik kecil. Kegiatan promosi yang menunjang penjualan juag dirasa membantu namun masih banyak pelangan yang belum mengetahui informasi mengenai promo potongan harga ini. Sebaiknya perusahaan melaksanankan promosi yang lebih baik lagi agar pemerataan informasi mengenai potongan harga lebih tinggi dan dapat meningkatkan penjualan perusahaan.
Kata Kunci : penerapan, potongan harga, tingkat penjualan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.25147
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.