PENGARUH KUALITAS DAN HARGA PASAR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BIJI PALA PADA PEDAGANG PENGUMPUL DI PULAU SIAU

Chandra Willy Manope, Willem J. F. A. Tumbuan, Yunita Mandagie

Abstract


Abstrak: Kualitas merupakan salah satu indikator penting bagi perusahaan untuk dapat eksis di tengah ketatnya persaingan dalam bisnis. Dalam melakukan keputusan pembelian, beberapa faktor yang menentukan keunggulan perusahaan dalam menghadapi persaingan dalam bisnis adalah kualitas dan harga. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas dan harga pasar terhadap keputusan pembelian biji pala pada pegadang pengumpul di Pulau Siau. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang pengumpul di Pulau Siau, dengan jumlah sampel 30 orang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis deskriptif kuantitatif untuk mengetahui sejauh mana pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kualitas dan harga pasar berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian biji pala pada pegadang pengumpul di  Pulau Siau. Sebaiknya pedagang pengumpul meningkatkan dan tetap menjaga kualitas produk disaat mulai bermunculan pesaing baru sejenis sehingga dapat menyakinkan dan memberikan bukti bahwa persepsi konsumen sesuai yang diharapkan. Pedagang pengumpul di Pulau Siau sebaiknya menawarkan harga yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan kualitas yang disediakan agar dapat mencakup seluruh golongan konsumen.

 

Kata Kunci:  kualitas, harga pasar, keputusan pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.25244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.