PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT PADA KINERJA KARYAWAN DI PT. PLN (PERSERO) AREA MANADO

Liviani C. Tahupiah, Christoffel Kojo, Jacky S.B Sumarauw

Abstract


Abstrak : Setiap perusahaan membutuhkan sumber daya manusia yang memenuhi syarat, salah satunya dengan meningkatkan kualitas kinerja karyawannya, agar lebih mampu dan terampil dalam bekerja. Kinerja tinggi yang dimiliki karyawan dapat membuat tujuan organisasi tercapai, sebaliknya tujuan organisasi tidak dapat tercapai bila karyawannya tidak memiliki kinerja dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan. Kinerja adalah konsep multikomponen pada tingkat fundamental seseorang dapat membedakan aspek proses kinerja, yaitu, keterlibatan perilaku dari hasil yang diharapkan. Saat ini, pentingnya kinerja karyawan untuk keberhasilan organisasi tidak dapat dilebih-lebihkan. Karyawan adalah modal manusia organisasi dan kinerja mereka merupakan indikator kunci bagi organisasi untuk mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Reward dan Punishmen terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan sampel sebanyak 85 responden. Hasil menunjukan bahwa Reward tidak secara parsial berpengaruh terhadap kinerja karyawan, Punishment  tidak berpengaruh secara parsial terhadap kinerja karyawan, Reward dan Punishment secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Sebaiknya PT. PLN (Persero) Area Manado agar lebih meningkatkan pemberian reward kepada karyawan sehingga karyawan dapat lebih produktif untuk bekerja, dan agar lebih meningkatkan punishment yang diterapkan dalam perusahaan.

Kata Kunci : reward, punishment, kinerja karyawan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.25412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.