PENGARUH PELAYANAN, PRODUK, DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MOBIL MEREK TOYOTA DI MANADO (STUDI PADA PT. HASJRAT ABADI DI MANADO)

Jilia F. Tuuk, Jantje L. Sepang, Merlin M. Karuntu

Abstract


Abstrak : Persaingan yang terjadi di pasar mobil Indonesia yang sangat ketat menyebabkan perusahaan-perusahaan mobil di Indonesia harus memperhatikan kemampuannya untuk memperluas pasar serta terutama mempertahankan pasar. Hal ini terkait dengan siapa yang menguasai pasar akan tetap bertahan. Untuk itu perusahaan-perusahaan mobil yang ada salah satunya perlu menerapkan strategi pemasaran yang fokus pada pemuasan kebutuhan dan keinginan konsumen baik yang sudah ada maupun yang baru. Hal ini untuk menjaga kontinuitas kehidupan usaha saat ini maupun di masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pelayanan, Produk, dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Konsumen baik secara parsial maupun simultan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial pelayanan, produk dan citra perusahaan berpengaruh secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, tetapi secara parsial produk tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Sebaiknya PT. Hasjrat Abadi Manado agar lebih meningkatkan Pelayanan yang diberikan sehingga konsumen bisa merasa lebih puas ,karena pelayanan merupakan sebuah alat ukur konsumen dalam memberikan loyalitas terhadap perusahaan

 

Kata Kunci : pelayanan, produk, citra perusahaan, kepuasan konsumen


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.25418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.