BAURAN PEMASARAN PENGARUHNYA TERHADAP PENJUALAN SEPEDA MOTOR YAMAHA DI PT. SARANA NIAGA MEGAH KERTA MANADO
Abstract
ABSTRAK
Persaingan yang semakin ketat mengharuskan setiap perusahaan untuk menerapkan strategi bauran pemasaran yang dapat mempertahankan dan mengembangkan perusahaannya. Manajemen pemasaran harus mampu menciptakan suatu pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan dan pada saat yang bersamaan dapat pula bersaing secara efektif. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh Bauran Pemasaran yaitu Produk, Harga, Tempat, dan Promosi terhadap volume penjualan sepeda motor pada PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan skala likert. Populasi penelitian ini adalah 149 konsumen dengan jumlah sampel 60 responden, berdasarkan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran dalam hal ini variabel produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Sedangkan variabel tempat dan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan Sepeda Motor. Karena itu perusahaan harus bisa mengembangkan strategi dari segi tempat dan promosi antara lainĀ harus bisa menambah dealer Sepeda Motor Yamaha karena lokasi PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado yang bertempat di Jl. Sudirman belumlah strategis. Sedangkan promosi harus lebih ditingkatkan lagi agar volume penjualan sepeda motor bertambah pada PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado.
Kata Kunci: bauran pemasaran, volume penjualan, purposive samplingFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.2550
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.