MOTIVASI, KEYAKINAN, DAN SIKAP NASABAH TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN KUPEDES DI BRI UNIT GIRIAN
Abstract
Kupedes merupakan kredit yang ditujukan untuk pengembangan kegiatan usaha kecil dan menengah. Kredit ini memiliki bunga yang bersaing untuk badan usaha dan perorangan yang memenuhi syarat dan dilayani di seluruh BRI unit. Kupedes dapat membuat dan mengembangkan usaha nasabah sehingga keuntungan yang diperoleh dari usaha tersebut dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Suatu ukuran agar pangsa pasar tetap dapat dipertahankan yaitu dengan diperhatikannya perilaku konsumen yang terdiri dari motivasi, keyakinan, dan sikap. Perilaku konsumen berbicara mengenai keputusan konsumen. Motivasi berbicara mengenai tingkat kebutuhan. Keyakinan berbicara mengenai pemikiran seseorang. Sikap berbicara mengenai keputusan sebelum melakukan tindakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial motivasi, keyakinan, dan sikap nasabah terhadap keputusan menggunakan Kupedes. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian asosiatif. Populasi berjumlah 200 orang dan sampel berjumlah 67 orang. Metode analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian secara simultan motivasi, keyakinan, dan sikap nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan Kupedes. Hasil penelitian secara parsial motivasi, keyakinan, dan sikap nasabah berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan menggunakan Kupedes.
Kata kunci: motivasi, keyakinan, sikap nasabah, keputusan menggunakan kupedes
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2562
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.