PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN RM. BAKSO SOLO PAK EKO DI TOMOHON

Jesikha Inka Emor, Willem J. F. A. Tumbuan, Mirah H. Rogi

Abstract


Abstrak: Kuliner saat ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat pada umumnya, salah satunya adalah Rm.Bakso Solo Pak Eko di Tomohon. Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kelengkapan produk, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih. Teknik pengambilan sampel bersifat random sampling, pengambilan sampel dimana semua orang yang ditemui di rumah makan di jadikan sampel. Sampel didapat menggunakan rumus sloving 100 responden. Hasil uji signifikansi (sig), secara parsial (uji t) dari variabel X1 kelengkapan produk terhadap Y keputusan pembelian adalah tidak signifikan. Hal ini berarti bahwa hipotesis 1 yang menyatakan bahwa kelengkapan produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian, tidak dapat diterima. Hasil uji signifikansi secara parsial dari variabel X2 kualitas produk terhadap Y keputusan pembelian adalah signifikan. Hipotesis 2 yang menyatakan bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian, diterima atau terbukti. Hasil uji signifikansi secara parsial dari variabel X3 harga produk terhadap Y keputusan pembelian adalah signifikan. Rumah makan lain sebaiknya memperhatikan hasil penelitian ini dan dapat diterapkan pada para konsumen mereka dimana untuk meningkatkan keputusan pembelian memfokuskan pada variabel-variabel seperti kelengkapan produk, kualitas produk dan harga produk.

 

Kata Kunci: kelengkapan produk, kualitas produk, harga dan keputusan pembelian konsumen.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.26309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.