KUALITAS PRODUK, HARGA DAN SERVICESCAPE PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA RUMAH MAKAN ROSITA MANADO)

Hesty F Manambe, Joyce S.L.H.V. Lapian, Agus S. Soegoto

Abstract


Abstrak: Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang dewasa ini berkembang pesat. Usaha kuliner terus menjamur karena terdapat banyak peluang. Para produsen dapat dengan mudah mendapatkan bahan baku hasil laut. Kemudahan itu di gunakan sebagai kesempatan oleh produsen membuka usaha kuliner jenis ikan laut yang banyak peminatnya dan banyak cara untuk mengolahnya sesuai dengan selera konsumen, tidak heran jika bisnis kuliner di Manado tidak pernah sepi konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas produk, harga dan servicescape berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Rumah Makan Rosita Manado baik secara simultan maupun parsial. Jenis penelitian yang digunakan asosiatif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin sebanyak 100 sampel. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kualitas produk, harga dan servicescape berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian dan harga merupakan variabel yang dominan dengan demikian harga yang ditawarkan kepda konsumen kompetitif. Sebaiknnya Pengelola Rumah Makan Rosita Manado harus mampu memahami, mengembangkan dan mempertahankan Harga dan Kualitas Produk yang ada. Sebagian besar konsumen tertarik untuk melakukan pembelian karena memiliki rasa yang enak, tampilan yang menarik mampu menarik perhatian konsumen, dan memiliki Harga yang sesuai dengan daya beli konsumen.

 

 

Kata kunci: kualitas produk, harga, servicescape, keputusan pembelian.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.26324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.