PENGARUH LOKASI, PERSEPSI HARGA DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN DI OBJEK WISATA DANAU LINOW

Christy F. K Lebu, Silvya L. Mandey, Rudy S. Wenas

Abstract


Abstrak: Sumber daya alam yang dikelola dengan baik dapat dijadikan sebagai potensi untuk memakmurkan rakyat dan memajukan bangsa Indonesia. Sumber daya alam tersebut dapat dikembangkan dalam bidang kepariwisataan. Seiring berjalannya waktu, pariwisata di Indonesia saat ini telah tumbuh dan berkembang dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lokasi, persepsi harga, daya tarik wisata terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Metode pengembilan sampel menggunakan accidental sampling, yaitu menggunakan sampel yang ada saat penelitian dilakukan, sampel yang digunakan sebanyak 99 responden yang adalah wisatawan sedang berkunjung di objek wisata Danau Linow. Motede analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji hipotesis menggunakan uji f dan uji t. Hasil ini menunjukan bahwa variabel lokasi, persepsi harga, dan daya tarik wisata jika dilakukan bersama secara simultam berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Hasil dari uji t menunjukan bahwa lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan, sedangkan persepsi harga dan daya tarik wisata berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Bagi pihak objek wisata Danau Linow selalu menciptakan lokasi yang aman dan nyaman, menetapkan harga yang sesuai dengan manfaat produk, semakin meningkatkan daya tarik wisata beragam dan bervariasi agar dapat menarik perhatian konsumen untuk mengunjungi objek wisata tersebut.

Kata kunci: lokasi, persepsi harga, daya tarik wisata, keputusan berkunjung wisatawan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.26329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.