PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2015-2017

Geraldy Welan, Paulina Van Rate, Joy E. Tulung

Abstract


Abstrak: Dalam dunia modern, saham menjadi produk investasi populer saat ini. Tempat berinvestasi saham ini salah satunya yaitu di pasar modal. berinvestasi saham selalu diminati oleh investor karena keuntungan dalam berinvestasi sangatlah besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap Harga Saham pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi periode 2015-2017. Metode pengambilan sample menggunakan metode purposif sampling. Jumlah sampel sebanyak 18 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profitabilitas dan Leverage tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Harga Saham, dan Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017. Bagi investor diharapkan lebih teliti dalam berinvestasi, terutama dengan memperhatikan pada faktor ukuran perusahaan, karena ukuran perusahaan merupakan faktor kuat yang dapat mempengaruhi Harga Saham.

 

Kata kunci: harga saham, profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.26403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.