PENGARUH VARIASI PRODUK, KETIDAKPUASAN KONSUMEN DAN IKLAN PRODUK PESAING TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK DARI SABUN PEMBERSIH WAJAH PADA SUPERMARKET COOL TOMOHON
Abstract
Abstrak: Perpindahan merek merupakan proses untuk memilih beralih dari penggunaan rutin suatu merek produk untuk menggunakan secara tetap merek lain namun dalam produk sama. Perpindahan merek tersebut dapat terjadi pada produk yang dirasakan tidak memiliki variasi pada kualitasnya diseluruh merek, antara lain nivea, garnier, biore, dan pounds. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketidakpuasan konsumen, kebutuhan mencari variasi produk dan iklan produk pesaing secara simultan dan parsial terhadap keputusan perpindahan merek dari sabun pembersih wajah pada supermarket Cool Tomohon. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis deskriptif kuanlitatif untuk mengetahui sejauh mana pengaruhnya terhadap keputusan perpindahan merek. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variasi produk, ketidakpuasan konsumen dan iklan produk pesaing berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap keputusan perpindahan merek dari sabun pembersih wajah pada supermarket Cool Tomohon. Sebagiknya perusahaan harus selalu berinovasi terhadap sabun permbersih wajah, yaitu menciptakan aroma yang lebih bervariasi, kemasan yang lebih unik agar konsumen tidak cepat bosan. Perusahaan lebih meningkatkan iklan sabun pembersih wajah agar lebih menarik dan dapat bersaing dengan merek-merek yang lain sehingga tidak kehilangan konsumen.
Kata Kunci: variasi produk, ketidakpuasan konsumen, iklan produk pesaing, keputusan perpindahan merek
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.26506
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.