ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA DOUBLE O KARAOKE MANADO

Ichtiar D. Usulu, Altje L. Tumbel

Abstract


Abstrak: Dunia bisnis menuntun peran pemasaran yang dapat menunjang kemajuan usaha bisnis. Maju atau mundurnya suatu bisnis akan sangat di tentukan oleh keberhasilan kegiatan pemasaran bisnis yang berhubungan langsung dengan masyarakat luas (pelanggan). Dalam melakukan kegiatan pemasaran suatu perusahaan memiliki beberapa  tujuan yang hendak dicapai, baik tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang. Dalam jangka pendek biasanya untuk merebut hati konsumen terutama untuk produk yang baru diluncurkan dan dalam jangka panjang dilakukan untuk mempertahankan produk-produk yang sudah ada agar tetap eksis pada double o karaoke maka penelitian ini menggunakan strategi marketing dengan pendekatan  melalui Marketing mix yaitu product  apa yang ditawarkan, price  strategi penentuan harga, place di mana tempat jasa diberikan, promotion bagaimana promosi dilakukan dan pengaruh terhadap Kepuasan pelanggan. Penilitian ini menggunakan instrument penelitian yaitu Skala likert dan metode analisis data : uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, Koefisien determinasi (R2), uji hipotesis. Hasilnya Marketing mix berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Double O karaoke kecuali harga yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Saran untuk perusahaan agar memperhatikan strategi penentuan harga karena di temukan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

                                                                                    

 

Kata Kunci: bauran  pemasaran (marketing mix), kepuasan pelanggan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.26510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.