ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA DOUBLE O KARAOKE MANADO
Abstract
Abstrak: Dunia bisnis menuntun peran pemasaran yang dapat menunjang kemajuan usaha bisnis. Maju atau mundurnya suatu bisnis akan sangat di tentukan oleh keberhasilan kegiatan pemasaran bisnis yang berhubungan langsung dengan masyarakat luas (pelanggan). Dalam melakukan kegiatan pemasaran suatu perusahaan memiliki beberapa tujuan yang hendak dicapai, baik tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang. Dalam jangka pendek biasanya untuk merebut hati konsumen terutama untuk produk yang baru diluncurkan dan dalam jangka panjang dilakukan untuk mempertahankan produk-produk yang sudah ada agar tetap eksis pada double o karaoke maka penelitian ini menggunakan strategi marketing dengan pendekatan melalui Marketing mix yaitu product apa yang ditawarkan, price strategi penentuan harga, place di mana tempat jasa diberikan, promotion bagaimana promosi dilakukan dan pengaruh terhadap Kepuasan pelanggan. Penilitian ini menggunakan instrument penelitian yaitu Skala likert dan metode analisis data : uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, Koefisien determinasi (R2), uji hipotesis. Hasilnya Marketing mix berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Double O karaoke kecuali harga yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Saran untuk perusahaan agar memperhatikan strategi penentuan harga karena di temukan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Kata Kunci: bauran pemasaran (marketing mix), kepuasan pelanggan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.26510
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.