ANALISIS FAKTOR PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PONSEL OPPO SERI A7 DI OPPO STORE ITC MANADO (STUDI KASUS DISTRIBUTOR UTAMA OPPO STORE ITC MANADO)

Trivia N. Lontoh, Jantje L. Sepang, Imelda W. J. Ogi

Abstract


Abstrak: Perkembangan zaman dan trend yang terjadi pada masyarakat saat ini mempengaruhi perilaku konsumen dapat dilihat dari pola hidup masyarakat saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian ponsel Oppo di ITC Manado. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 80 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode  purposive sampling. Hasil penelitian yang didapat (1) Faktor Budaya, Faktor Pribadi dan Faktor Psikologis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian ponsel Oppo di Oppo Store ITC Manado, sedangkan Faktor Sosial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian ponsel Oppo di Oppo Store ITC Manado. (2) Faktor Budaya, Faktor Sosial,  Faktor Pribadi, dan Faktor Psikologis secara bersama/simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ponsel Oppo di ITC Manado. Bagi pengelola usaha harus selalu memperhatikan dan memahami perilaku konsumen dalam melakukan pembelian dan meningkatkan strategi dalam mengelola usaha.

 

Kata kunci:  faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologis, keputusan pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.26592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.