PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DAN SUASANA KAFE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI RUMAH KOPI BILLY KAWASAN MEGAMAS
Abstract
Meningkatnya perekonomian di Indonesia yang diikuti dengan peningkatan penghasilan masyarakat, terutama di kota-kota besar dapat merubah gaya hidup masyarakat saat ini menjadi konsumtif. Berkembangnya gaya hidup yang terjadi di Manado, mendorong semakin banyaknya dibuka tempat untuk bersantai. Terdapat banyak tempat di Manado yang sekarang menjadi pusat perhatian adalah kafe atau yang lebih dikenal dengan Rumah Kopi, mulai dari kelas atas, hingga kelas menengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Relationship Marketing, dan suasana kafe terhadap loyalitas pelanggan di Rumah Kopi Billy kawasan megamas. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan metode kuantitatif dengan populasi sebanyak 92 orang dan menggunakan teknik incidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data statistik menggunakan analisis regresi linear berganda, uji hipotesis menggunakan uji F dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Secara simultan varibel relationship marketing (X1) dan variabel suasana kafe (X2) berpengaruh dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y). Secara parsial variabel relationship marketing (X1) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y), dan variabel suasana kafe (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) di rumah kopi billy.
Kata kunci: relationship marketing, suasana kafe, loyalitas pelanggan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v8i1.27361
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.