FAKTOR-FAKTOR KUALITAS PELAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA JAMKESMAS DI BLU RSUP PROF.DR. R.D. KANDOU MANADO

Rolando Jacobis

Abstract


Kualilitas pelayanan banyak mendapat perhatian, untuk menilai kualitas pelayanan tercakup dalam 5 dimensi kualitas, yaitu keandalan (Reability), daya tanggap (Responsiveness), jaminan (Assurance), empati (Amphaty), dan sarana fisik (Tangible).Kepuasan pasien tergantung pada kualitas pelayanan. RSUP. Dr. R.D. Kandou Manado adalah salah satu rumah sakit yang berusaha memaksimalkan serta memuaskan harapan dan kebutuhan pasien, melalui pelayanan kesehatan yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kehandalan dalam pelayanan, daya tanggap, jaminan, empati, sarana fisik berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap peserta JAMKESMAS. Penelitian menggunakan metode kualitatif dimana data diperoleh dari responden. Analisis yang digunakan penelitian ini adalah regresi linier berganda.Penelitian ini menunjukan item-item yang berpengaruh adalah kehandalan, daya tanggap, dan empati, sedangkan jaminan dan sarana fisik tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap. Untuk meningkatkan kepuasan pasien hendaknya pihak rumah sakit memberikan perhatian berupa, meningkatkan pelayanan kepada pasien dalam memberikan pelayanan yang maksimal serta memberi kepercayaan pada pasien.

Kata kunci: kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.