ANALISIS EFEKTIVITAS MARKETING MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN D’BROTHERS LAUNDRY
Abstract
Abstrak: Marketing media sosial merupakan fenomena baru di era ini. Banyak pelaku bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) termasuk jasa Laundry, memanfaatkan media sosial berbasis internet untuk memasarkan bisnisnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas marketing melalui media sosial Facebook D’Brothers Laundry. Efektivitas marketing ini ditinjau dalam empat dimensi yakni Content Creation, Content Sharing, Connecting, dan Community Building, yang pada akhirnya mempengaruhi konsumen dalam memutuskan menggunakan jasa D’Brothers Laundry. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada 50 informan yang sudah pernah menggunakan jasa dan sudah terhubung ke page resmi D’Brothers Laundry. Hasil penelitian ini menunjukkan marketing media sosial Facebook D’Brothers Laundry sudah efektif terhadap keputusan pelanggan ditinjau dari dimensi Content Creation, Content Sharing, Connecting, dan Community Building.
Kata kunci: efektivitas, marketing media sosial, keputusan pelanggan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v8i1.27496
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.