FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN (PADA PERUSAHAAN YANG TIDAK MEMBAGI DIVIDEN DI INDUSTRI MANUFAKTUR SUB SEKTOR LOGAM DAN LAINNYA YANG TERDAFTAR DI BEI)

Nigita E. Tewuh, Sri Murni, Joubert B. Maramis

Abstract


Perusahaan yang  memiliki  orientasi  untuk  memperoleh keuntungan,  umumnya  akan  memfokuskan kegiatannya untuk meningkatkan nilai perusahaan hingga mencapai maksimum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Nilai Perusahaan (Pada Perusahaan yang Tidak Membagi Dividen di Industri Manufaktur Sub Sektor Logam dan Linnya yang Terdaftar di BEI). Metode pengambilan sampel menggunakan metode sampel jenuh, sampel yang digunakan adalah 7 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian uji secara parsial menunjukkan bahwa Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Levergae tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, dan Modal Kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Uji simultan menunjukkan Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Modal Kerja secara bersama-sama tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Perusahaan yang memiliki kinerja yang baik menerapkan mekanisme pengelolaan perusahaan yang efektif  dan efisien, memperhatikan risiko-risiko yang timbul akibat kegiatan operasional perusahan, dan memperhatikan faktor-faktor yang dapat meningkatkan  kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba, dengan demikian perusahaan akan mampu meningkatkan nilai perusahaan.

Kata Kunci: ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, modal kerja, dan nilai perusahaan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v8i1.27504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.