PENGARUH SIKAP KONSUMEN DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE (STUDI PADA MAHASISWA UNSRAT DI MANADO)

Winda A. Solihin, Bernhard Tewal, Rudy Wenas

Abstract


Smartphone merupakan salah satu kebutuhan masyarakat modern saat ini yang akan menunjang aktivitasnya. Kehidupan modern saat ini sangat mempengaruhi sikap konsumen dan gaya hidup yang semakin tinggi sehingga akan mempengaruhi pola konsumsi. Hal ini dikarenakan sikap konsumen dan gaya hidup merupakan faktor pendorong perilaku konsumen dalam pembeliannya. Oleh karena itu, perusahaan sangat berkepentingan pada sikap konsumen dan gaya hidup terhadap produknya, karena sikap yang positif akan menghasilkan pembelian. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap konsumen dan gaya hidup secara simultan dan secara parsial terhadap keputusan pembelian smartphone. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Unsrat pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum dan Fakultas Fisip, dengan jumlah sampel 100 orang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa sikap konsumen dan gaya hidup secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone. Perusahaan sebaiknya memberi perhatian yang serius dalam hal sikap konsumen dan gaya hidup, sehingga akan memberikan dampak pada keputusan pembelian konsumen, dan menaikkan profit perusahaan. Sikap konsumen yang tergolong positif harus terus dipertahankan dan ditingkatkan agar kesan konsumen secara umum yang bersifat estetika produk dan kualitas fisik dariproduk smartphone.

 

Kata Kunci: sikap konsumen gaya hidup, keputusan pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v8i1.27819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.