MOTIVASI, PERSEPSI, DAN SIKAP KONSUMEN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PT. RAJAWALI NUSINDO CABANG MANADO
Abstract
Persaingan dunia bisnis semakin ketat terutama dalam usaha mempertahankan konsumen dari setiap perusahaan. Rajawali Nusindo sebagai salah satu perusahaan penyedia jasa dalam memenuhi kebutuhan konsumen yang dalam hal ini bersentuhan dengan bidang medis di Manado berupaya meningkatkan strategi untuk melihat sisi psikologis dari konsumen yang dipengaruhi oleh motivasi, persepsi, dan sikap konsumen. Kemampuan untuk memahami dan memaksimalkan sisi psikologis diharapkan dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Keputusan pembelian adalah proses merumuskan berbagai alternatif guna menjatuhkan pilihan untuk melakukan pembelian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial dari motivasi, persepsi dan sikap terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode penelitiannya adalah asosiatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Penarikan sampel sebanyak 50 responden dari populasi 359 konsumen. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan dan parsial variabel motivasi, persepsi, dan sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Perusahaan sebaiknya memperhatikan sisi psikologis konsumen dari segi motivasi, persepsi dan sikap konsumennya, sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen, mempertahankan serta meningkatkan penjualan.
Kata kunci: motivasi, persepsi, sikap, keputusan pembelian.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2807
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.