EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN HUBUNGAN MASYARAKAT PADA PERUSAHAAN ASURANSI DI KOTA MANADO
Abstract
Pemilihan perusahaan asuransi khususnya Asuransi Jiwa Bumiputera 1912, Prudential, AXA Mandiri dan AIA Finance. didasarkan oleh pertumbuhan industri asuransi jiwa beberapa tahun sebelumnya yang menunjukan pertumbuhan positif dengan rata-rata pertumbuhan 20-30% dalam lima tahun terakhir. Namun demikian pertumbuhan ini belum diimbangi dengan jumlah SDM yang memiliki keahlian aktuaria yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan strategi Marketing Public Relations pada Perusahaan Asuransi Jiwa di Kota Manado melalui Analisis STOP-SIT. Metode pengumpulan data adalah survey dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan mengkaji variabel STOP-SIT (Segmentation, Targeting, Objectives, Sequence Of Tools, Integrating, Tools). Hasil penelitian yaitu pelaksanaan Strategi Marketing Public Relations meliputi kegiatan publikasi, event, sponsorship , pemberitaan, aktivitas pelayanan publik, dan media identitas. Pelaksanaan strategi Marketing Public Relations melalui Analisis STOP-SIT menunjukkan semua tahapan yang ada dalam analisis STOP-SIT telah dilaksanakan perusahaan dengan menggunakan strategi Marketing Public Relations. Saran yaitu melakukan publikasi lewat media televisi. Perlu memperbanyak event yang dikhususkan untuk mempererat hubungan antara konsumen dengan perusahaan sebagai wujud penghargaan perusahaan kepada konsumen.
Kata kunci: pemasaran hubungan masyarakat, segmentasi, target, tujuan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2834
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.