KUALITAS KEHIDUPAN KERJA DAN KINERJA KARYAWAN TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR PADA KANWIL DIREKTORAT JENDERAL KEKAYAAN NEGARA SULUTTENGGO MALUT DI MANADO

Fabian Michele Paseki

Abstract


Karyawan merupakan aset utama dari suatu organisasi yang memiliki peran strategis, yaitu sebagai pemikir, perencana, dan pelaksana aktivitas organisasi. Meningkatkan kinerja karyawan dan karir seorang karyawan, maka diperlukan adanya suasana yang baik dalam lingkungan kerja karyawan itu sendiri. Kinerja yang baik merupakan harapan bagi semua perusahaan dan instansi yang mempekerjakan karyawan, sebab pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kualitas kehidupan kerja dan kinerja karyawan terhadap pengembangan karir. Metode penelitian adalah asosiatif dengan teknik analisis menggunakan regresi berganda. Data  bersumber dari karyawan Kanwil Ditjen Kekayaan Negara Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara di Manado yang  diperoleh dengan metode sensus dengan cara memberikan kuesioner kepada 48 orang karyawan. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan  bahwa kualitas kehidupan kerja dan kinerja karyawan secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap pengembangan karir. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa program kualitas kehidupan kerja dan kinerja yang baik dapat memacu semangat karyawan dalam merencanakan pengembangan karir yang tersedia dan peningkatan jabatan.

Kata kunci: kualitas kehidupan kerja, kinerja karyawan, pengembangan karir.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.