PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMILIH KAFE (STUDI KASUS PADA KONSUMEN BLEN.CO CAFÉ MANADO)

Budi Prasetia Sjawal, Lisbeth Mananeke, Rotinsulu J. Jorie

Abstract


Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran taktis yang dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkannya di pasar sasaran dengan menggunakan empat aspek yaitu produk, harga, tempat, dan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaru produk, harga, tempat dan promosi terhadap keputusan konsumen memilih kafe. Dalam penelitian pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 100 orang responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS 23. Hasil dari penelitian ini adalah, berdasarkan hasil nilai F hitung 3.958 > F tabel 2.46 dan tingkat signifikasi 0.005,berarti nilai signifikansi kurang dari < 0.05.  Sehingga produk, harga, tempat dan promosi secara bersama mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen. Selanjutnya berdasarkan hasil uji t menunjukan bahwa masing-masing dari variabel produk, harga dan promosi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen, sedangkan variabel tempat secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen. Mengingat produk, harga, dan promosi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen, bukan berarti bahwa hal ini dapat di remehkan dalam fase pengembangan usaha kafe. Maka dari itu pihak kafe kiranya dapat lebih mengembangkan lagi usahanya agar mampu bersaing di bidang usaha kafe di masa yang akan datang.

 

Kata kunci: Bauran pemasaran, produk, harga, tempat, promosi, keputusan konsumen.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v8i3.30209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.