PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN DAN MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN CHINA PADA BEST WESTERN LAGOON HOTEL MANADO
Abstract
Abstrak: Konsep kepuasan adalah hal yang sangat penting dalam pemasaran jasa khususnya pada hospitality industry. Penerapan strategi bauran pemasaran dan manajemen hubungan pelanggan yang tepat memiliki peran krusial untuk mencapai tingkat kepuasan maksimal. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran dan manajemen hubungan pelanggan terhadap kepuasan wisatawan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1000 orang, dengan menggunakan teknik non probability sampling dan formula Slovin, sampel penelitian ini berjumlah 100 responden. Analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinan, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan pengaruh bauran pemasaran dan manajemen hubungan pelanggan berpengaruh terhadap kepuasan wisatwan, secara parsial pengaruh bauran pemasaran dan manajemen hubungan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Berdasarkan uji koefisien korelasi dan koefisien determinasi, diketahui pengaruh bauran pemasaran dan manajemen hubungan pelanggan memiliki pengaruh sebesar 70,5% terhadap kepuasan wisatawan dan masuk dalam kategori hubungan yang sangat kuat. Saran untuk Best Western Lagoon Hotel Manado, hendaknya dapat melakukan improvement secara progresif yang berkaitan dengan elemen-elemen bauran pemasaran dan manajemen hubungan pelanggan agar supaya tingkat kepuasan wisatawan menjadi lebih optimal.
Kata Kunci: bauran pemasaran, manajemen hubungan pelanggan, kepuasan wisatawan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.30581
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.