PENGARUH BAURAN PROMOSI, KESADARAN MEREK DAN PERSEPSI NILAI TERHADAP MINAT BELI DI BUKALAPAK PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO
Abstract
Abstrak: Perkembangan teknologi telah membawa dampak luar biasa dalam dunia usaha belakangan ini. Globalisasi dan digitalisasi saat ini sudah menjadi bagian tak terlepaskan dari berbagai proses bisnis. Bukalapak sebagai salah satu perusahaan sturt up yang masuk dalam kategori unicorn di Indonesia dihadapkan dengan persaingan untuk mendapatkan perhatian pelanggan dan kemudian memunculkan minat beli. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh bauran promosi, kesadaran merek dan persepsi nilai terhadap minat beli di Bukalapak. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 5928 orang, dengan menggunakan teknik non probability sampling dan formula Slovin, sampel penelitian ini berjumlah 100 responden. Analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinan, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan bauran promosi, kesadaran merek dan persepsi nilai berpengaruh terhadap minat beli, secara parsial bauran promosi, kesadaran merek dan persepsi nilai juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Berdasarkan uji koefisien korelasi dan koefisien determinasi, diketahui bahwa bauran promosi, kesadaran merek dan persepsi nilai memiliki pengaruh sebesar 79,2% terhadap minat beli dan masuk dalam kategori hubungan yang sangat kuat. Bukalapak, sebaiknya dapat melakukan improvement secara progresif yang berkaitan dengan bauran promosi, kesadaran merek dan persepsi nilai agar dapat meningkatkan minat beli.
Kata Kunci: bauran promosi, kesadaran merek, persepsi nilai, minat beli.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.8.4.2020.30583
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.