PENGARUH SUASANA CAFE, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI PADA CAFE CASA DE WANEA MANADO)

Clara A. M. Rooroh, Silcyljeova Moniharapon, Sjendry S. R. Loindong

Abstract


Abstrak: Dalam era persaingan usaha yang semakin kompetitif sekarang ini, setiap pelaku bisnis yang ingin memenangkan kompetisi dalam persaingan pasar akan memberikan perhatian penuh pada strategi pemasaran yang dijalankannya Selain itu untuk perusahaan jasa memperhatikan kualitas pelayanan, dan suasana juga merupakan hal penting untuk mempertahankan siklus hidup usaha mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh suasana cafe, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 responden dan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan Suasana cafe, kualitas pelayanan dan harga berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukan secara parsial suasana cafe, kualitas pelayanan dan harga berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

 

Kata Kunci: Suasana Cafe, Kualitas pelayanan, harga, Kepuasan Pelanggan 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.30599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.