PENGARUH SUASANA KAFE, KUALITAS PELAYANAN DAN KEANEKARAGAMAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI BROWNICE BEVERAGE AND PASTRY

Jissi M. V. Mandei, James D.D. Massie, Djurwati Soepeno

Abstract


Abstrak: Persaingan yang semakin luas menyebabkan harus adanya strategi pemasaran yang dapat membuat usahanya tetap berkembang. Supaya berhasil, perusahaan harus melakukan tugasnya melebihi pesaing dalam memuaskan konsumen sasaran agar menjadi loyak kepada mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh suasana kafe, kualitas pelayanan, dan keanekaragaman produk terhadap loyalitas konsumen di Brownice Beverage and Pastry. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan metode kuantitatif dengan populasi sebanyak 100 responden dan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data statistik menggunakan analisis regresi linear berganda, uji hipotesis menggunakan uji F dan T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1. Secara simultan suasana kafe, kualitas pelayanan dan keanekaragaman produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen di Brownice Beverage and Pastry. 2. Secara parsial suasana kafe berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsuen di Brownice Beverage and Pastry. 3. Secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen di Brownice Beverage and Pastry. 4. Secara parsial keanekaragaman produk berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen di Brownice Beverage and Pastry.

Kata kunci: Suasana Kafe, Kualitas Pelayanan, Keanekaragaman Produk, Loyalitas Konsumen


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.30785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.