PROFESIONALITAS TENAGA KERJA HOTEL FOUR POINTS MANADO DI MASA PANDEMI COVID-19: STUDI FENOMENOLOGI SECARA ONLINE

Fradina Maria Nangoy, Victor P. K. Lengkong, Lucky O. H. Dotulong

Abstract


Abstrak: Profesionalitas merupakan hal yang paling dituntut bagi seorang pekerja dalam menjalankan profesinya. Saat ini dunia sedang berada pada masa pandemi covid-19. Agar bisa bertahan di tengah masa pandemi ini,  tentu memerlukan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kemampuan serta sikap professional. Salah satu tempat usaha yang masih bertahan di tengah masa pandemi, yaitu Hotel Four Points Manado. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat fenomena apa yang terjadi di industri perhotelan di masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukan bahwa para tenaga kerja di Hotel Four Points Manado memiliki sikap profesionalitas yang cukup tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan temuan yang diperoleh peneliti terhadap setiap pekerjaan karyawan di Hotel Four Points Manado, yang mampu melayani pengunjung dengan baik di tengah masa pandemi, dengan menerapkan sistem protokol new normal yang sesuai standarisasi pemerintah dan Marriott International.

 

Kata Kunci: Profesionalitas tenaga kerja, Hotel, Fenomenologi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.31219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.