ANALISIS PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI PT.PEGADAIAN UPC. UNSRAT MANADO

Karnia E. Sigar, Silvya L. Mandey, Djurwati Soepeno

Abstract


Abstrak: Seiring dengan perkembangan perekonomian di saat ini, membuat persaingan bisnis semakin ketat. Maka setiap perusahaan dituntutut ntuk membuat strategi yang tepat dan meningkatkan kinerja agar tujuan perusahaan tercapai. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganlisa pengaruh Relationship Marketing dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah di  PT. Pegadaian Upc Unsrat Manado. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 95 responden dan menggunakan teknik incidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data statistic menggunakan analisis regresi linear berganda, uji hipotesis menggunakan uji F dan uji T. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Relationship Marketing dan Kualitas Pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap Loyalitas Nasabah. Dan Secara Simultan Relationship Marketing dan Kualitas Pelayanan berpengaruh posiitif da signifikan terhadap variabel Loyalitas Nasabah.

 

Kata Kunci: Relationship Marketing, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Nasabah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.31226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.