PENGARUH SEGMENTING, TARGETING DAN POSITIONING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN LAUNDRY SEPATU DI KOTA MANADO

Graciela F.A.V Rambi, Lisbeth Mananeke, Imelda W. J Ogi

Abstract


Abstrak: Banyak pengguna sepatu hanya berfokus untuk membeli sepatu tanpa menyadari akan kebersihan dan perawatan yang dibutuhkan. Hal ini terjadi karena sedikitnya waktu yang dimiliki untuk merawat sepatu, sedangkan sepatu adalah kebutuhan wajib yang selalu digunakan saat bepergian. Di era milenial ini muncul usaha laundry sepatu yang menawarkan jasa untuk merawat sepatu, seperti mencuci sepatu yang kotor, memperbaiki sepatu yang rusak dan bahkan mewarnai kembali sepatu yang sudah pudar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi segmenting, targeting, dan positioning terhadap kepuasan konsumen laundry sepatu di Kota Manado. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah 40 responden, di antaranya 36 data valid sedangkan  4 data sisanya tidak valid.  Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa segmenting tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen, targeting berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen, dan positioning berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen. Uji simultan menunjukkan bahwa segmenting, targeting, dan positioning secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen.

 

Kata kunci: Segmenting, Targeting, Positioning, Kepuasan Konsumen


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.31320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.