ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN BISNIS KOPI SAAT PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA BLACK CUP COFFEE AND ROASTERY MANADO)

Jauhar N. Munandar, Altje L. Tumberl, Agus S Soegoto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor eksternal maupun internal yang memengaruhi Black Cup Coffee and Roastery dan strategi pemasaran yang dapat diterapkan manajemen Black Cup Coffee and Roastery dalam menghadapi pandemi COVID-19. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif karena bertujuan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan pengaruh lingkungan bisnis baik eksternal maupun internal sekaligus menentukan strategi pemasaran yang dapat diterapkan manajemen Black Cup Coffee and Roastery dalam menghadapi pandemi COVID -19. Hasil penelitian ini menunjukkan dari analisis lingkungan eksternal menggunakan matriks EFAS, faktor peluang (Opportunities) paling berpengaruh adalah perkembangan kemajuan teknologi dan faktor ancaman (Threats) paling berpengaruh adalah kekuatan tawar menawar konsumen yang tinggi. Sementara pada hasil lingkungan internal melalui matriks IFAS, faktor kekuatan (Strengths) yang paling berpengaruh adalah kualitas produk dan faktor kelemahan (Weaknesses) yang paling berpengaruh adalah layanan Free WiFi Hotspot yang kurang baik. Sedangkan pada hasil analisis matriks TOWS melalui empat alternatif strategi dapat ditemukan strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh manajemen Black Cup Coffee and Roastery dalam menghadapi pandemi COVID-19 adalah menambah saluran distribusi di daerah potensial lainnya, meningkatkan loyalitas konsumen, meningkatkan kegiatan promosi, dan meningkatkan kualitas pelayanan.

 

Kata kunci: analisis SWOT, strategi pemasaran, lingkungan bisnis.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.31590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.