PENGARUH FAKTOR PRIBADI DAN FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN LUAR DAERAH PADA OBJEK WISATA DI KOTA TOMOHON PROVINSI SULAWESI UTARA

Jane G. Poluan, Merlyn M. Karuntu

Abstract


Industri pariwisata merupakan salah satu sektor potensial yang mampu menunjang pendapatan suatu daerah. Untuk itu, pengelolaan industri pariwisata perlu menggunakan strategi pemasaran yang tepat apalagi dengan semakin tingginya persaingan yang dibarengi juga dengan meningkatnya kunjungan wisatawan baik dari luar daerah maupun luar negeri. Memahami faktor-faktor kepribadian dan psikologis konsumen dalam hal ini pengunjung objek wisata merupakan bagian dari strategi pemasaran dalam mempengaruhi minat berkunjung pada objek wisata. Penelitian ini mengangkat kedua variabel tersebut sebagai variabel independen yakni faktor pribadi (X1) yang terdiri dari usia, pekerjaan, pendapatan, gaya gidup dan kepribadian dan faktor psikologis (X2) yang terdiri dari motivasi, persepsi, sikap dan keyakinan serta pengetahuan. Sedangkan variabel dependen yakni keputusan berkunjung pada objek wisata di Kota Tomohon.

 

Kata kunci: faktor pribadi, faktor psikologis, keputusan berkunjung, objek wisata


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i1.31718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.