PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP PERILAKU WORD OF MOUTH PADA WARUNK BENDITO

William Imanuel Kotambunan, Joyce S.L.H.V. Lapian, Reitty L. Samadi

Abstract


Bisnis kuliner merupakan bisnis yang sangat menjanjikan karena makanan merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Semakin banyaknya usaha berbentuk kuliner membuat pebisnis harus menerapkan strategi-strategi pemasaran pada usaha tersebut agar supaya mendapatkan pelanggan, yaitu dengan memberikan harga yang terjangkau, promosi yang menarik perhatian calon pelanggan dengan produk yang beragam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Diferensiasi Produk, Harga, dan Promosi terhadap perilaku Word of Mouth pada rumah makan Warunk Bendito Kawasan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu Non Probability Sampling (Purposive Sampling) terhadap 100 responden dan diambil dari jumlah populasi yaitu 6.047 orang yang berkunjung di Rumah Makan Warunk Bendito selama 3 bulan yaitu bulan Februari – April pada tahun 2019. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menyebarkan kuisioner kepada orang-orang yang pernah berkunjung ke Warunk Bendito. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, secara parsial diferensiasi produk, harga, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku Word of Mouth di Rumah Makan Warunk Bendito.

 

Kata kunci: diferensiasi produk, harga, promosi, word of mouth.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i1.31822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.