PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS INDUSTRY YANG TERDAFTAR DI BEI

Syiendrawati Nurmughny Sulaiman, Jenny Morasa, Hendrik Gamaliel

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh unsur-unsur penunjang Good Corporate Governance yang di proksikan dengan komisaris independen, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan komite audit terhadap kinerja perusahaan. Kinerja perusahaan dalam penelitian ini menggunakan Return On Equity (ROE). Good Corporate Governance (GCG) merupakan suatu tata kelola perusahaan yang menjelaskan hubungan antara berbagai partisipan dalam perusahaan yang menentukan arah dan kinerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Jumlah sampel yang digunakan berjumlah 10 perusahaan di sektor Consumer Goods Industry periode 2016-2018. Input data berasal dari IDX Statistics 2016-2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel-variabel penunjang Good Corporate Governance seperti kepemilikan institusional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan, komisaris independen dan komite audit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan, sedangkan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan di sektor Consumer Goods Industry periode 2016-2018.

Kata Kunci: Agency Theory, Good Corporate Governance dan Kinerja Perusahaan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i1.32241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.