PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER GOODS INDUSTRY DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Janna C. J. Wowor, Jenny Morasa, Sientje Rondonuwu

Abstract


Ukuran yang sering dipakai untuk menilai berhasil tidaknya manajemen suatu perusahaan adalah laba yang diperoleh suatu perusahaan. Perusahaan mempunyai tujuan yang akan dicapai, baik berupa laba yang maksimal, kelangsungan hidup, pertumbuhan perusahaan maupun menciptakan kesejahteraan anggota masyarakat. Terdapat banyak faktor yang menjadi motivasi manajer dalam melakukan manajemen laba, diantaranya adalah profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, dan kualitas audit. Profitabilitas menunjukkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba selama satu periode waktu tertentu. Pada umumnya nilai profitabilitas suatu perusahaan dapat digunakan sebagai indikator untuk mengukur kinerja suatu perusahaan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas yang dihitung menggunakan rasio Return Of Asset (ROA) dan rasio Return Of Equity (ROE) terhadap manajemen laba pada perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan regresi linier berganda, dimana penelitian ini menggunakan 2 variabel bebas dan 1 variabel terikat. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan dalam sektor consumer goods industry yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2018 Sampel penelitian ini menggunakan 15 perusahaan  dalam sektor makanan dan minuman yang memenuhi kriteria pemilihan sampel. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil Penelitian ini membuktikan bahwa profitabilitas yang dihitung menggunakan rasio ROA dan ROE tidak berpengaruh terhadap manajemen laba.

 

Kata kunci: Profitabilitas, ROA, ROE, Manajemen Laba.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i1.32400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.