PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DPRD KOTA MANADO
Abstract
Kepuasan kerja merupakan salah satu faktor penting dalam setiap pekerjaan. Kepuasan kerja tersebut dapat menunjukkan sikap positif karyawan terhadap pekerjaan yang harus diselesaikan dan nampak dalam sikap positif pegawai terhadap pekerjaannya dilingkungan kerjanya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi, dan komitmen organisasi terhadap kepuasan kerja pegawai pada Sekretariat DPRD Kota Manado. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai ASN pada Sekretariat DPRD Kota Manado, yaitu 55 orang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis deskriptif kuantitatif untuk mengetahui sejauh mana pengaruhnya terhadap kepuasan kerja. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif. Hasil penellitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan, motivasi, dan komitmen organisasi secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap kepuasan kerja pegawai pada Sekretariat DPRD Kota Manado. Hendaknya pemimpin harus memberikan perhatian khusus pada para pegawai dan lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaan dan jabatan yang diembannya. Diharapkan dengan tercapainya gaya kepemimpinan yang baik maka kepuasan kerja dan prestasi kerja akan semakin baik. Perlu memberikan motivasi bagi pegawai agar semangat bekerja dan memiliki kreatif dalam bekerja serta mempertahankan dan meningkatkan lagi dimensi dari komitmen organisasi, yaitu komitmen berkelanjutan agar pegawai puas dalam bekerja.
Kata Kunci: gaya kepemimpinan, motivasi, komitmen organisasi, kepuasan kerja
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i2.33273
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.