ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS PENJUALAN KREDIT SEPEDA MOTOR YAMAHA PADA PT.HASJRAT ABADI CABANG MANADO

Christin A. Goni, Herman Karamoy, Stanly W. Alexander

Abstract


Penelitian ini berdasarkan kenyataan bahwa penjualan kredit pada perusahaan merupakan strategi penjualan untuk menaikan tingkat volume penjualan perusahaan untuk memperoleh laba. Pengelolaan penjualan yang kurang baik secara langsung akan merugikan perusahaan. Untuk itulah diperlukann sistem pengendalian intern penjualan agar dapat mengurangi resiko-resiko yang mungkin terjadi pada perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis sistem pengendalian intern atas penjualan kredit dan prosedur penjualan kreditnya. Penulis melakukan penelitian dengan metode kualitatif dan sumber data yaitu data primer. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa PT.Hasjrat Abadi Cabang Manado menerapkan suatu sistem penjualan yang dituangkan dalam Standar Operasional Perusahaan. Standar Operasional tersebut diantaranya mengatur tentang bagaimana proses penjualan pengelolaannya seharusnya dilakukan dan penulis telah membandingkan dengan teori-teori yang ada, hal ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian intern penjualan kredit pada perusahaan sudah berjalan dengan baik dilihat dari standar operasional perusahan yang berlaku namun masi didapati beberapa kekurangan.

Kata kunci: Penjualan Kredit, Sistem Pengendalian Intern.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i2.33522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.